Kapsul Cacing

hamilife.co.id

Pernah mendengar tentang kapsul cacing? Tahu tidak apa saja manfaatnya bagi kesehatan manusia? Mungkin sebagian orang tidak familiar dengan cacing tanah yang dijadikan obat, tapi nyatanya memang bisa dipergunakan sebagai obat.

Bagi banyak orang cacing tanah dikenal sebagai hewan penyubur tanah, tapi ternyata fungsinya tidak hanya itu. Hewan satu ini nyatanya memang mampu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan manusia.

Kandungan protein yang menurut penelitian 76% lebih tinggi dibandingkan daging mamalia dipercaya mampu bantu atasi penyakit tifus. Tifus merupakan sebuat penyakit akut disebabkan bakteri bernama Salmonella thyphi.

Penyakit ini sulit disembuhkan dan dapat menular. Namun, ternyata ada cara simpel mengobatinya dengan menggunakan cacing tanah. Selain obat tifus, hewan satu ini juga punya berbagai manfaat lain untuk tubuh.

8 Manfaat Kapsul Cacing untuk Tubuh

Dalam cacing tanah terdapat 78-79 gram per liter amino, zat besi, kalsium, serta memiliki konsentrasi vitanggi yang tinggi. Oleh sebab itu, memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh manusia.

Konsumsinya tidak langsung, tapi diekstrak terlebih dahulu kemudian dimasukkan dalam kapsul, barulah bisa dikonsumsi. kamu dapat membeli produknya dengan mudah di toko obat atau apotek terdekat, tapi ketahui dahulu manfaatnya berikut ini:

  1. Jaga Imun Tubuh

Ada banyak obat herbal yang dapat digunakan untuk menjaga imun tubuh, rata-rata adalah tanaman atau buah dengan kandungan vitamin C. Namun, cacing tanah atau lumbricina tidak mengandung vitamin C dan tetap mampu bantu jaga imunitas.

Hal ini karena adanya kekebalan bawaan yang berfungsi sebagai kekebalan adaptif pada hewan inverbrata ini. Zat tersebut yang membuatnya memiliki imunitas bagus dan dapat hidup dengan berbagai kondisi.

Lumbricina adalah organisme yang menghasilkan beberapa jenis leukosit dan menyekresi berbagai molekul imunoprotektif. Dengan mengonsumsinya, maka akan bisa bantu tingkat imunitas tubuh.

 

  1. Obat Penyakit Tifus

Tadi sudah disinggung bagaimana kemampuan kapsul cacing untuk mengobati penyakit tifus. Bahkan sudah dikenal sejak zaman China kuno dan masih banyak digunakan sampai saat ini.

Ada senyawa antibakteri di dalam hewan penyubur tanah ini yang mampu melawan perkembangan bakteri salmonella. Kemampuan melawan bakteri inilah yang membuat penderita tifus lebih cepat sembuh.

  1. Atasi Diare

Diare merupakan masalah kesehatan yang sering dialami manusia dan menyerang sistem pencernaan tubuh. Akibatnya perut akan terasa sakit dan terus buang air besar padahal perut belum diisi kembali.

Diare disebabkan oleh bakteri E. Colli masuk ke tubuh, terutama melalui makanan. Diare akan membuat penderitanya merasa lemas dan merasa sakit yang tidak tertahankan, lalu mengakibatkan kekurangan cairan.

Jika kamu atau anggota keluarga mengalami hal ini, maka berikan saja ekstrak cacing tanah dalam kapsul sebagai obatnya. Sifat antibakteri di dalam obat herbal ini juga mampu melawan perkembangan bakteri E. Colli dengan cepat.

  1. Atasi Peradangan

Ketika peradangan terjadi risiko terjadinya hiperkoagulasi sangat tinggi dan dapat membahayakan nyawa. Kondisi ini merupakan kondisi di mana pembekuan darah terjadi secara berlebihan dan sulit dihentikan.

Apabila dibiarkan bisa berbahaya dan mengakibatkan kematian, sehingga dibutuhkan pengobatan tepat, salah satunya dengan lumbricina. Kandungan dalam ekstrak cacing tanah merah dapat bantu kurangi peradangan ini.

  1. Atasi Gangguan Pembuluh Darah

Kapsul cacing memang sangat kaya manfaat sebab kandungan di dalamnya beraneka ragam. Salah satunya adalah enzim fibrinolitik yang memiliki manfaat untuk mencegah penyakit berhubungan dengan gangguan trombosit atau pembuluh darah.

Dengan mengonsumsi ekstrak lumbricina, kamu dapat menjaga kondisi sel saraf di tubuh kamu sehingga kondisinya tetap baik. Hal ini diungkap dalam penelitian yang memperlihatkan bahwa lumbricina dapat menyembuhkan syaraf rusak di tubuh.

 

  1. Sumber Energi

Kandungan lain yang didapatkan dalam lumbricina adalah taunin, yaitu sebuah zat yang mampu mengurai lemak dalam tubuh dan menjadikannya sebagai energi. Oleh sebab itu, banyak yang memakai ekstrak cacing tanah sebagai menu diet.

Namun, apabila kamu ingin mempergunakannya sebagai menu diet, sebaiknya konsultasikan dahulu pada dokter maupun ahli gizi. Dengan demikian, akan merasa aman saat mengonsumsinya.

  1. Atasi Konstipasi

Apa itu konstipasi? Yaitu sebuah keadaan di mana feses menjadi lebih keras dari normal sehingga menyulitkan buang air besar. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak sebab dan berisiko menyebabkan luka di sekitar anis sehingga menimbulkan ambeien.

Seperti dikatakan sebelumnya bahwa ada kandungan dalam cacing tanah yang mampu membantu memperlancar pencernaan tubuh. Kamu hanya perlu mengonsumsi kapsulnya sesuai aturan saja.

  1. Antitumor

Lagi-lagi enzim fibrinolitik di dalam kapsul cacing memberikan dampak baik bagi tubuh manusia. Kali ini sebagai perlindungan dan perlawanan terhadap sel hepatoma yaitu penyebab terjadinya tumor.

Ekstrak lumbricina dipercaya dapat membantu melawan sel tumor yang menjadi penyebab kematian tertinggi ketiga di dunia. Sifat antitumornya akan menghambat pertumbuhan sel-sel tumor berbahaya.

Ternyata bukan hanya membantu menjaga kesuburan tanah, keberadaan cacing tanah juga memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan. Kamu tidak perlu mengonsumsinya langsung untuk mendapatkan manfaatnya, tapi bisa dengan konsumsi ekstraknya saja.

Saat ini sudah sangat mudah menemukan ekstrak cacing tanah yang praktis dan mudah konsumsi. Kapsul cacing adalah produk yang bisa kamu temukan di toko obat maupun apotek terdekat dan dapat di stok di kotak obat di rumah.