Vitamin Habbatussauda

Vitamin habbatussauda atau jintan hitam adalah tanaman hebal yang saat ini banyak digunakan untuk suplemen kesehatan tubuh.

Hamilife.co.id

Memang, sudah dari dahulu habbatussauda menjadi senjata yang ampuh untuk meningkatkan rasa masakan agar menjadi semakin lezat, namun siapa yang menyangka jika jintan hitam bukan hanya bermanfaat untuk kuliner namun juga untuk kesehatan.

Habbatussauda digunakan sebagai obat herbal agar dapat mengatasi berbagai macam penyakit serta memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Ada berbagai macam kandungan yang berada di dalam habbatussauda.

Bahkan, sedikitnya terdapat 9 amino esensial, serat kasar, protein besi, niasin, selenium, seng dan masih banyak lagi. Habbatussauda juga memiliki kandungan multivitamin seperti B1, B2, A, B6, C serta E.

Manfaat Mengonsumsi Vitamin Habbatussauda untuk Kesehatan

Kandungan yang dimiliki habbatussauda memang bisa mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Berikut berbagai macam manfaat yang dimiliki habbatussauda untuk kesehatan, seperti:

  1. Mempunyai sifat anti kanker

Sebuah penelitian membuktikan bila habbatussauda merupakan obat anti kanker. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan timokionon yang bisa memberikan efek anti kanker serta bisa mengurangi tingkat kekuatan tumor ganas di tubuh.

 

  1. Menurunkan berat badan

Habbatussauda nyatanya juga terbukti bisa menurunkan IMT atau indeks masa tubuh sehingga bisa mencegah obesitas. Tentu saja manfaat vitamin habbatussauda ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi suplemen dan diet rendah kalori.

Dengan mengonsumsi habbatussauda secara teratur, berat badan serta kadar trigliserida yang ada di dalam tubuh dari menurun dengan maksimal.

 

  1. Menutrisi kulit

Habbatussauda memiliki kandungan antioksidan, asam limonet serta vitamin E yang bisa sebagai penangkal radikal bebas serta meregenerasi sel kulit dengan tepat.

Melakukan pengonsumsian habbatussauda secara teratur bisa membuat kulit memperoleh nutrisi dengan cukup serta kesehatannya menjadi terjaga dengan baik.

 

  1. Melindungi organ hati

Hati adalah organ vital yang tetap harus dijaga dengan baik. Tentu saja hati dijaga agar fungsinya bisa bekerja dengan optimal. Terdapat beberapa riset yang dilakukan jika habbatussauda bisa membantu melindungi organ hati dari kerusakan dan cedera,

 

  1. Memperbaiki system pencernaan

Mengonsumsi habbatussauda bisa mengurangi gas di dalam perut sekaligus meredakan rasa kembung karena adanya kandungan minyak atsiri di dalam habbatussauda.

 

Dengan pengonsumsian secara teratur, habbatussauda akan memperbaiki gangguan yang ada di dalam system pencernaan.

Pentingnya Vitamin Habbatussauda di Masa Pandemi

Agar dapat mencegah diri tidak terpapar COVID-19, hal pertama yang harus dilakukan adalah menjaga protocol kesehatan dengan baik seperti mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak, menggunakan masker.

Namun, peran yang dimiliki oleh vitamin ini juga tidak boleh disepelekan begitu saja. Vitamin khususnya habbatussauda tetap dibutuhkan oleh tubuh agar bisa menunjang kinerja tubuh. Bahkan, meskipun kita sedang melakukan aktivitas di dalam rumah, pengonsumsian vitamin habbatussauda ini tetap penting.

Pada dasarnya, sebagian kebutuhan tersebut bisa terpenuhi jika kamu memiliki pola makan yang baik. Kebutuhan gizi yang dimiliki setiap orang berbeda-beda. Gizi seperti protein, karbohidrat, lemak, serat harus tetap disesuaikan dengan kebutuhan seseorang.

Untuk usia yang masih produktif dan memiliki kondisi tertentu seperti memiliki penyakit kronis, memiliki berat tubuh yang tidak ideal dan memiliki kondisi kritis lainnya tentu saja memerlukan habbatussauda dengan jumlah kadar yang cukup.

Kemudian, bagi lansia dengan penurunan nafsu makan, vitamin ini juga sangat penting karena diharapkan mampu menambah imunitas tubuh serta membuat pencernaan menjadi lebih baik.

Cara Mengonsumsi Vitamin Habbatussauda dengan Tepat

Sebelum mengonsumsi vitamin khususnya habbatussauda ini, lebih baik kamu mengetahui cara pengonsumsiannya dengan benar untuk menghindari efek negatifnya, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti:

  1. Membaca kemasan produk

Biasanya, produk habbatussauda mencantumkan rekomendasi dosis serta penggunaan vitamin di label kemasan. Bukan hanya itu, label kemasan juga tertera berbagai macam kandungan di dalamnya hingga takaran.

 

Informasi ini menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan dengan baik sehingga nantinya vitamin bisa dikonsumsi dengan baik serta aman untuk tubuh.

 

  1. Waspada dengan interaksi vitamin

Vitamin habbatussauda memang merupakan suplemen herbal, namun ketika akan mengonsumsi suplemen ini, kamu harus memperhatikan interaksi obat dengan baik.

 

Tidak ada salahnya kamu mencatat jika sudah mengonsumsi suplemen habbatussauda kemudian mengonsultasikannya dengan dokter untuk memastikannya.

 

  1. Memastikan izin penjualan produk

Sebelum kamu mengonsumsi habbatussauda, kamu harus memeriksa apakah suplemen habbatussauda yang kamu beli tersebut sudah terdaftar di dalam BPOM. Obat atau vitamin yang tidak terdaftar did alam BPOM berarti merupakan suplemen yang tidak berizin.

 

Tentu saja suplemen yang tidak berizin ini belum tentu aman dikonsumsi. Selain itu waspadai membeli suplemen yang memberi promosi secara berlebihan atau bahkan seperti garansi uang kembali. Kamu juga tidak boleh tergoda dengan suplemen yang memberikan klaim secara berlebihan.

Namun, yang harus dijadikan sebagai perhatian adalah, sebagai obat herbal tentu saja efek yang dimiliki tidak akan langsung terasa karena membutuhkan beberapa waktu pengonsumsian terlebih dahulu.

Jika masih bingung memilih habbatussauda yang paling tepat, kamu bisa memperoleh vitamin habbatussauda cap Kurma Ajwa di apotek atau toko obat terdekat.