Tanaman Habbatussauda

 

Seperti yang kamu tahu, tanaman habbatussauda sudah lama menjadi salah satu komposisi untuk mengatasi berbagai penyakit. Selain digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata jintan hitam banyak dimanfaatkan sebagai herbal yang baik untuk imunitas tubuh.

hamilife.co.id

Adapun kandungan didalamnya seperti asam linoleat, asam oleat, serat, natrium, antioksidan, kalsium, zat besi, kalium dsb.

Kandungan pada Tanaman Herbal Habbatussauda

Sudah sejak dulu masyarakat Indonesia gemar menggunakan obat herbal sebagai solusi penyembuhan penyakit, termasuk tanaman jenis habbatussauda. Habbatussauda sendiri memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk tubuh, seperti kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, niacin, fosfor dan masih banyak lagi.

Selain itu, ada senyawa aktif thymoquinone yang baik untuk antioksidan, anti inflamasi, dan sifat terapeutik untuk mencegah tubuh dari penyakit kronik dan kerusakan sel.

Seputar Produk Habbatussauda dan Cara Tepat untuk Memilihnya

Harus kamu tahu, herbal habbatussauda tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari sirup, kapsul hingga pil. Habbatussauda sendiri juga dapat dikombinasikan dengan tanaman herbal lainnya seperti jahe dan meniran.

Kombinasi yang terjadi justru dapat meningkatkan khasiat yang lebih maksimal untuk daya tahan tubuh, khususnya di masa pandemi seperti sekarang. Untuk kamu yang tertarik, bisa menemukannya di apotik, online store, supermarket, pasaran dan tempat sejenisnya.

Meski memiliki segudang manfaat, kamu tetap harus pintar ketika memilihnya. Berikut ini ada beberapa tips yang tepat untuk memilih tanaman habbatussauda, diantaranya:

  1. Pertama yakni cek kemasan pada produk habbatussauda. Pastikan kemasan dalam keadaan utuh, tidak rusak dan tidak bolong.
  2. Selanjutnya, cari daftar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) agar terjamin keamanan dan kualitasnya.
  3. Jangan lupa baca tanggal kadaluarsa yang ada didalam kemasan, dilanjutkan membaca khasiat dan komposisi kandungan pelengkapnya.
  4. Jika kamu tidak menemukan label komposisi sehingga membuat ragu, maka sebaiknya cari kemasan habbatussauda yang memiliki informasi lengkap termasuk daftar BPOM.

Meski begitu, tetap jaga keseimbangan tubuh dengan rajin berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi, mengurangi stress, beristirahat cukup dan menjalankan protokol kesehatan, apalagi di masa pandemi seperti sekarang.

Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan Tubuh

Berkat kandungan nutrisi yang sudah disebutkan diatas. Habbatussauda memiliki ragam manfaat untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh. Diantaranya:

  1. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Manfaat pertama tanaman Habbatussauda adalah menjaga kestabilan dan imunitas didalam tubuh. Ini didukung oleh kandungan antioksidan seperti thymoquinone dan flavonoid yang mampu melawan serangan penyakit, termasuk covid 19.

Selain itu, antioksidan ini juga mampu meredakan peradangan dan menghalau radikal bebas penyebab penyakit serius, seperti kanker dan degeneratif. Ada juga flavonoid yang ada di dalam tanaman meniran.

Tanaman meniran ini adalah senyawa antioksidan berfungsi sebagai imunostimulan dan baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

  1. Melawan Infeksi Bakteri di dalam Tubuh 

Manfaat tanaman habbatussauda selanjutnya adalah melawan infeksi bakteri, seperti P. Aeruginosa penyebab pneumonia dan infeksi saluran kemih serta E coli yang menyebabkan terganggunya pencernaan. Meski begitu, uji coba pada penelitian ini masih terbatas, sehingga perlu diteliti lebih lanjut untuk menghasilkan data yang akurat.

Selain kedua manfaat di atas, ada beberapa penyakit yang dapat diatasi seperti melancarkan pencernaan, meredakan gejala asma, mengatasi kolesterol tinggi, menghilangkan sakit kepala, menjaga tekanan darah dan mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh.

  1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat yang satu ini sangat disukai oleh kaum wanita. Nyatanya habbatussauda mampu menurunkan berat badan dan bagus untuk program diet. Tidak bisa dipungkiri, masalah berat badan kerap membuat wanita menjadi tidak percaya diri sehingga membutuhkan solusi tertentu untuk mengatasinya.

Ada sejumlah penelitian yang mengemukakan bahwa minyak jintan hitam mampu menurunkan indeks massa tubuh bahkan mengatasi masalah obesitas. Itulah mengapa banyak orang yang memanfaatkannya sebagai program diet.

  1. Menjaga Kecantikan Kulit

Tidak jarang habbatussauda kerap dijadikan sebagai suplemen kecantikan kulit dari dalam. Selain itu, kandungan habbatussauda juga kerap dicampurkan di dalam produk kecantikan.

Adapun penyakit kulit yang dapat disembuhkan seperti jerawat ringan, eksim hingga kulit kering dengan kandungan alkaloid, saponin dan protein didalam jintan hitam tersebut.

Ada sebuah riset yang membuktikan orang yang menderita eksim mampu sembuh dengan memanfaatkan obat habbatussauda. Dari hasil inilah ditarik kesimpulan bahwa jintan hitam mampu meredakan gejala eksim di tangan.

Efek antimikroba dan anti radang pada minyak habbatussauda mampu mengatasi masalah kulit seperti jerawat vulgaris yang diformulasikan sebagai lotion.

Ya, habbatussauda atau jintan hitam ini memiliki kandungan antioksidan, vitamin E dan asam limonet yang baik untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, herbal satu ini baik untuk meregenerasi sel-sel kulit mati dan menutrisi kulit dari dalam.

Kemudian habbatussauda yang berbentuk minyak mampu melembutkan kulit bahkan menghaluskan rambut. Itu mengapa banyak orang yang menjadikan herbal ini sebagai urang-aring dalam menjaga kesehatan rambut.

Selain itu, harga dari herbal satu ini juga sangat terjangkau. Kamu bisa menemukan dan membelinya di banyak tempat seperti apotik, pusat perbelanjaan, toko herbal dekat rumah kamu. Tidak bisa diragukan lagi bahwa tanaman habbatussauda memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh.