Pengertian Habbatussauda

Pengertian habbatussauda sangat penting untuk dipahami oleh kalian yang terjun di dalam dunia kesehatan atau memang sedang mengonsumsi herbal satu ini untuk mengatasi permasalahan kesehatan tertentu. Saat ini ada banyak penyedia herbal tersebut baik secara online maupun offline.

Hamilife Herbal

Herbal alami tersebut diketahui memiliki berbagai kandungan senyawa yang bermanfaat untuk memaksimalkan kesehatan tubuh manusia. Tidak hanya itu saja, konsumsi herbal ini juga mendapatkan anjuran dari para pakar kesehatan karena memang sudah terbukti khasiatnya.

Memahami Pengertian Habbatussauda yang Sering Digunakan Sebagai Herbal

Jika diartikan secara sederhana, habbatussauda ini adalah jintan hitam yang begitu mudah untuk ditemukan di negeri ini. Nama latin untuk tumbuhan satu ini adalah Nigella sativa. Biasa juga disebut dengan nama terna.

Tanaman ini memiliki daun dengan bau yang begitu segar. Di dalamnya terdapat biji yang memiliki kandungan minyak atsiri dan lemak begitu tinggi. Umumnya herbal satu ini sering digunakan sebagai campuran obat-obatan dan rempah-rempah.

Sebagai rempah, jintan hitam sering digunakan sebagai campuran untuk minuman, sayuran dan berbagai sajian menu lainnya. Namun untuk obat-obatan ternyata penggunaan herbal tersebut sangatlah luas, umumnya digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan imunitas tubuh manusia.

Ada banyak nama lain untuk habbatussauda ini dari mulai Black Cummin, Nigella, Kalonji, Kala Jeera, atau Kalanji. Tentu saja penggunaan nama ini disesuaikan dengan wilayah penggunaannya masing-masing.

Sejarah Penggunaan Habbatussauda Sebagai Sarana Pengobatan

Selain memahami pengertian habbatussauda secara lebih mendalam, penting juga bagi kamu untuk memahami bagaimana sejarah penggunaan dari herbal satu ini. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh para ahli, jintan hitam sudah digunakan sebagai obat sejak 2000 hingga 3000 tahun sebelum Masehi.

Penggunaan herbal satu ini tertulis dalam berbagai kitab masa lalu yang dikarang oleh ahli pengobatan legendaris. Di antaranya adalah :

  1. Ibnu Sina

  2. Al-Biruni

  3. Al-Antiki

  4. Ibnu Qayyim

  5. Al-Baghdadi

Ahli pengobatan Yunani kuno Dioscorides juga mencatat habbatussauda sebagai sarana untuk melancarkan pernapasan dan mengatasi sakit kepala. Jadi penggunaan herbal satu ini memang sudah dilakukan sejak lama.

Habbatussauda juga tersebar di berbagai lokasi dari mulai Indonesia, Pakistan, India, Yaman, Mesin, Arab Saudi dan berbagai wilayah lainnya. Herbal tersebut memiliki pengaruh yang sangat baik terhadap kesehatan tubuh manusia.

Anjuran Konsumsi Habbatussauda Menurut Agama

Jika dilihat dari sudut pandang agama, ternyata herbal satu ini juga memiliki landasan yang tidak kalah kuat. Hal ini senada dengan apa yang diungkapkan oleh Abu Hurairah yang pernah mendengar sabda Rasulullah Muhammad SAW yang berbunyi

“Pada Habbatussauda ada obat bagi segala jenis penyakit kecuali Al-Sam, yaitu maut”

Hadis tersebut muncul pada beberapa kitab perawi hadits seperti misalnya hadits Bukhari dan Muslim, Ibnu Majah, Tirmidzi dan Imam Ahmad. Ini merupakan salah satu bukti jika penggunaan Habbatussauda memang begitu direkomendasikan.

Penggunaan habbatussauda masuk ke dalam metode pengobatan thibbun nabawi yang banyak didirikan beberapa waktu belakangan ini. Selain memahami pengertian habbatussauda lebih lanjut, sangat direkomendasikan bagi kamu untuk mengonsumsinya secara rutin.

Apa Saja Kandungan di dalam Habbatussauda?

Berdasarkan riset yang sudah dilakukan oleh para ahli, ada banyak sekali kandungan zat bermanfaat yang ada di dalam herbal satu ini. Apa saja deretan kandungan yang ada tersebut? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini :

  1. Thymoquinone (27,8%-57%)
  2. P-cymene (7,1%-15,5%)
  3. Carvacrol (5,8%-11,6%)
  4. T-anethole (0,25%-2,3%)
  5. 4-terpineol (2,0%-6,6%)
  6. Longifolene(1,0%-8,0%)

Selain itu, ada juga kandungan senyawa lain seperti kalori, lemak, protein, karbohidrat dan serat di dalamnya. Beberapa penelitian juga membuktikan jika pada herbal tersebut terdapat nutrisi seperti zat besi, kalsium, tembaga, zinc, niacin, tiamin dan lain sebagainya.

Manfaat Habbatussauda Bagi Kesehatan

Mengingat ragam kandungan dan pengertian habbatussauda yang sudah kami jelaskan di atas, tentu saja ada banyak sekali manfaat dari sisi kesehatan yang akan kamu dapatkan jika mengonsumsinya. Apa saja deretan manfaat tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini :

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan dari konsumsi habbatussauda secara rutin adalah meningkatkan imunitas tubuh kamu. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali kandungan senyawa bermanfaat yang bisa kamu dapatkan di dalamnya.

  1. Memberikan Efek Anti Peradangan

Selain itu herbal satu ini juga sangat bisa memberikan efek anti peradangan kepada mereka yang mengonsumsinya. Beberapa penelitian juga membuktikan jika konsumsi jintan hitam juga bisa meringankan gejala pada penderita asma.

  1. Melancarkan Metabolisme Tubuh

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari konsumsi herbal satu ini adalah melancarkan metabolisme tubuh kamu. Dengan konsumsinya secara rutin, bahkan jintan hitam bisa menurunkan berat badan secara signifikan dalam waktu singkat saja.

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dan Kolesterol

Penelitian lain membuktikan kalau konsumsi habbatussauda secara rutin bisa meminimalisir risiko darah tinggi dan kolesterol. Karenanya herbal tersebut sangat pas untuk dikonsumsi secara rutin oleh penderita kedua jenis penyakit tersebut.

Saat ini telah hadir Habbatussauda Cap Kurma Ajwa. Obat herbal satu ini dibuat dari 100% habbatussauda dan terbukti ampuh untuk meningkatkan kesehatan tubuh kamu. Kunjungi apotek terdekat untuk membeli produk ini. Hanya produk kami ini yang mampu merealisasikan manfaat dan pengertian habbatussauda secara nyata untuk kamu.