Khasiat Jinten Hitam untuk Mengobati Penyakit Berat

Khasiat jinten hitam untuk mengobati penyakit berat memang sudah lama diketahui. Jintan hitam atau habbatussauda memang dari dulu dikenal serta digunakan dengan bebas sebagai pilihan obat herbal.

Bahkan, penelitian juga menunjukkan jika tanaman ini mempunyai manfaat kesehatan dan bisa mengatasi berbagai macam penyakit. Habbatussauda sejak jaman dahulu sudah dipercaya mempunyai manfaat yang sangat baik.

Habbatussauda memiliki berbagai macam kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan seperti protein, karbohidrat, lemak sehat, kalsium, serat hingga zat besi.

Khasiat Jinten Hitam untuk Mengobati Penyakit Berat

Penelitian yang digunakan untuk menguji manfaat yang dimiliki habbatussauda ternyata membuktikan jika habbatussauda dapat membantu pengobatan diabetes, kolesterol, hipertensi, kanker dan yang lainnya.

Bukan hanya itu, habbatussauda juga mempunyai efek diuretic, antibakteri, analgesic, antiperadangan hingga memperkuat kekebalan tubuh. Habbatussauda juga baik untuk kesehatan lambung, ginjal dan hati.

Berbagai macam manfaat tersebut terkandung di dalam TQ atau thymoquinone. Berikut berbagai macam khasiat habbatussauda untuk mengatasi penyakit berat, seperti:

  1. Mengobati kadar kolesterol tinggi

Kolesterol pada dasarnya dibutuhkan tubuh. Tetapi, jika kadar kolesterol yang berada di dalam tubuh memiliki jumlah berlebihan, tentu saja bisa meningkatkan risiko berbagai macam penyakit.

 

Berbagai penyakit yang mengancam saat kadar kolesterol tinggi seperti stroke hingga penyakit jantung. Namun, beberapa studi membuktikan jika habbatussauda dapat menurunkan kadar kolesterol serta meningkatkan kadar kolesterol baik.

  1. Mengobati tekanan darah tinggi

Di dalam sebuah studi, habbatussauda juga membuktikan jika dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Habbatussauda akan terlihat berkhasiat setelah dikonsumsi selama 8 minggu. Oleh sebab itu jika Anda memiliki masalah tekanan darah tinggi, tidak ada salahnya mencoba obat herbal ini.

 

  1. Menjaga gula darah

Khasiat jinten hitam untuk mengobati penyakit berat lainnya adalah sebagai penjaga gula darah. Gula darah tinggi menjadi tanda penyakit diabetes. Gejala dari penyakit ini seperti mudah lelah, sering haus, sulit berkonsentrasi.

 

Jika diabetes tidak diobati dengan baik, bisa mengakibatkan kerusakan saraf, terganggunya penglihatan hingga penyembuhan luka yang melambat.

 

Namun sebuah studi membuktikan jika pengonsumsian habbatussauda selama beberapa minggu dapat mengurangi kadar gula serta resistensi insulin. Efek yang dimiliki habbatussauda diduga sangat baik untuk mengatasi diabetes.

 

  1. Efek anti radang

Khasiat lain yang dimiliki habbatussauda adalah sangat baik untuk mengurangi peradangan. Hal ini terbukti dalam penelitian klinis yang dilakukan selama 3 bulan pada penderita asma.

 

Hasilnya menunjukkan jika habbatussauda bisa mengurangi tingkat keparahan serta frekuensi serangan asma, bahkan, studi lain juga menunjukkan jika habbatussauda bisa membantu mengatasi penyakit lain yang disebabkan oleh peradangan.

 

  1. Melawan infeksi

Khasiat jinten hitam untuk mengobati penyakit berat yang satu ini tentu harus diketahui. Habbatussauda mempunyai sifat anti bakteri serta anti virus. Hal tersebut dibuktikan dari penelitian yang menunjukkan jika habbatussauda bisa membasmi virus.

 

Habbatussauda dapat membasmi virus yang menjadi penyebab HIV, flu hingga hepatitis C. habbatussauda juga bisa menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri sehingga dianggap bisa melawan infeksi.

 

  1. Melindungi organ hati

Penelitian yang dilakukan untuk menguji habbatussauda pada hewan juga menujukkan bila habbatussauda bisa mencegah kerusakan organ hati. Manfaat tersebut berkaitan dengan kandungan antioksidan di dalam jintan hitam.

 

  1. Mencegah kanker

Khasiat jinten hitam untuk mengobati penyakit berat lainnya adalah mencegah kanker. Di dalam habbatussauda terdapat senyawa aktif dengan nama thymoquinone. Senyawa aktif tersebut memiliki efek anti kanker.

 

Di beberapa penelitian juga menunjukkan jika senyawa tersebut bisa mengurangi ukuran tumor ganas. Bahkan uji lab juga menunjukkan jika senyawa tersebut bisa mengambat pertumbuhan sel kanker.

 

  1. Mengatasi penyakit rematik

Jika kamu pernah merasakan rematik, kamu bisa meredakannya dengan mengonsumsi habbatussauda. Hasil riset membuktikan jika habbatussauda pada minyaknya bisa mengatasi masalah rematik.

 

Riset tersebut diujikan pada 43 wanita yang memiliki masalah rematik ringan serta mengonsumsi kapsul habbatussauda setiap satu bulan.

 

Dari riset tersebut membuktikan bila dengan menggunakan habbatussauda, gejala penanda rematik bisa berkurang cukup signifikan.

 

  1. Mengatasi masalah alergi

Siapa yang menyangka jika habbatussauda juga bisa mengatasi masalah alergi. Habbatussauda bisa menurunkan gejala alergi yang biasanya muncul seperti hidung gatal, penyumbatan hidung, hidung berair hingga bersin-bersin.

 

Mabfaat habbatussauda untuk mengatasi masalah alergi ini bisa terlihat setelah penggunaan 2 minggu. Sedangkan penelitian lainnya juga menunjukkan jika habbatussauda memiliki peluang untuk mengatasi sinusitis.

 

Khasiat tersebut disebabkan karena kandungan antioksidan, antiinflamasi, antimikroba serta efek analgesic yang dimiliki habbatussauda ini.

Selain memiliki efek yang baik untuk mengatasi penyakit berat, habbatussauda juga bisa digunakan untuk pelancar ASI. Bahkan habbatussauda sering ditemukan dengan bentuk suplemen untuk memperlancar ASI.

Habbatussauda memang terbukti ampuh untuk mengatasi berbagai macam penyakit, namun agar mendapatkan khasiat jinten hitam untuk mengobati penyakit berat, pastikan memilih habbatussauda yang asli seperti Habbatussauda Kurma Ajwa di Apotek terdekat.