Jinten Hitam untuk Asam Lambung

Memanfaatkan jinten hitam untuk asam lambung memang merupakan hal tepat. Apalagi sekarang ini obat herbal merupakan salah satu jenis proses penyembuhan yang banyak dipilih masyarakat karena dianggap lebih aman.

 

Hamilife.co.id

Walaupun dalam bentuk cair atau minyak, dalam minyak jintan hitam ini kandungan zat aktifnya sudah disarikan. Proses tersebut juga menghilangkan bagian yang tidak diperlukan untuk kesehatan tubuh seseorang.

 

Pastinya hal tersebut juga membuat dosis untuk dikonsumsi lebih kecil dibandingkan lainnya, dan tentunya lebih praktis. Tidak heran jika ekstrak minyak biji jinten hitam ini punya efek lebih baik dibandingkan serbuknya.

 

Namun pastikan juga kamu tahu jika kulit dari habbatusauda mempunyai beberapa kandungan bermanfaat bagi kesehatan. Jika mengonsumsi ekstrak minyaknya saja, maka pastinya kulitnya tidak ikut diolah.

 

Sehingga kandungan pada kulit biji hitam tidak bisa didapatkan dan dinikmati. Sebagian besar kandungan zat aktif dalam biji hitam memang ada dalam minyak volatilnya. Namun berdasarkan penelitian ditemukan perbedaan khasiat.

 

Perbedaan manfaat antara biji dan juga ekstrak minyak dari habbatussauda memang berbeda. Apalagi jika jintan hitam tersebut dipakai untuk menurunkan tingkat trigliserida yang ada dalam darah.

 

Namun apabila kamu memakai herbal ini dengan metode dioles atau diteteskan, minusnya hanya di aroma yang cukup menyengat. Sehingga banyak pengguna mengeluhkan hal ini sebab aromanya memang lumayan menganggu.

 

Kandungan dalam Jintan Hitam

 

Habbatussauda memang punya banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk jinten hitam untuk asam lambung. Kandungan dari tanaman herbal ini cukup kompleks yakni vitamin, mineral, lemak sehat, serta protein nabati.

 

Bukan hanya itu saja, herbal tersebut juga punya kandungan minyak esensial. Di mana memang baik untuk rambut yang sehat, kulit, selaput lendir, hipertensi, dan masih banyak lainnya.

 

Selain itu ada kandungan nigellon sebagai zat antioksidan alami, seperti vitamin A dan C dalam jintan hitam. Habbatussauda dengan glutathion mempunyai peran penting untuk melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas.

 

Beberapa bukti studi ilmiah juga mengungkapkan jika herbal dari Timur Tengah ini dapat membantu tubuh agar membuat sistem imun meningkat. Efek dari antihistamin membantu lawan kanker serta mengurangi efek alergi.

 

Kandungan antiradang dan antiinflamasi didalamnya juga menjadikan jinten hitam untuk asam lambung cukup efektif dimanfaatkan. Namun dibalik khasiat itu semua, masih belum ada cukup info mengenai efeknya bagi manusia.

 

Jintan hitam dengan kandungan senyawa aktif seperti thymoquinone bermanfaat sebagai antikanker. Namun kenali dulu bagaimana cara memakai dan dosis tepat sebelum mengonsumsi, pastikan konsultasi dengan dokter supaya lebih aman.

 

Manfaat Minyak Habbatussauda

hamilife.co.id

Minyak jintan hitam ini memang sudah lama dikenal karena khasiatnya yang mujarab. Beberapa penelitian mengungkapkan jika minyak habbatussauda punya banyak manfaat bagi kesehatan, baik kecantikan atau tubuh.

 

Pemakaian dari ekstrak minyak tersebut juga dapat dibilang lebih aman, sebab bentuknya yang cair membuat kandungan aktif di dalam tanamannya tetap terjaga. Bahan atau zat tidak diperlukan akan dibuang.

 

Banyak orang yang memanfaatkan jinten hitam untuk asam lambung karena adanya kandungan antiradangnya. Mengenai dosisnya sebenarnya masih belum ada peraturan tertentu mengenai banyaknya konsumsi jintan hitam ini.

 

Akan tetapi umumnya ialah 50-100 mg tiap hari, khusus sakit lambung bisa mengombinasikan dengan minyak daun mint. Di tiap pasien memang dosis tanaman herbal ini bisa berbeda-beda.

 

Dosis yang diperlukan sesuai usia, kesehatan, serta beberapa syarat lainnya. Karena herbal alami tidak semua aman dikonsumsi, maka akan lebih baik melakukan konsultasi lebih dulu.

Khasiat Jinten Hitam untuk Asam Lambung

 

Salah satu kegunaan dari ekstrak minyak habbatussauda ialah untuk meredakan masalah pencernaan. Penelitian yang dibuat pada 70 orang dengan penyakit sama mendapatkan hasil saat konsumsi minyak habbatusauda.

 

Dosisnya 5 ml sehari dan bisa mengurangi dan meringankan infeksi H. Pylori, di mana merupakan bakteri penyebab asam lambung dan maag. Biji hitam ini bantu cegah alkohol meningkat di peroksidasi lipit.

 

Selain itu juga bisa mengurangi kandungan zat GSH lambung, GSH-S-Transferase, dan aktivitas dai enzim SOD Lambung. Jintan hitam ini juga dikenali punya kandungan antioksidan yang banyak dan baik bagi tubuh.

 

Karena adanya kandungan zat tersebutlah membuat biji hitam jadi punya manfaat untuk meminimalkan peradangan. Peradangan tersebut tentunya termasuk pada lambung (gastritis) atau saluran pencernaan di mana menyebabkan ulu hati terasa nyeri.

 

Seperti ketika sakit maag maka dapat memunculkan luka di lambung penderita. Luka tersebut nantinya akan dibentuk saat jumlah asam lambungnya lebih banyak pada lapisan lendir yang biasanya dipakai untuk melapisi perut.

 

Mengonsumsi habbatussauda sebagai obat herbal ini memang dapat dimanfaatkan untuk meredakan sakit perut serta kram. Selain itu minyak biji hitam juga berguna untuk mengurangi gas, munculnya bisul, dan perut kembung.

 

Jika kamu ingin mendapatkan khasiat dari ekstrak habbatussauda ini, segera datangi apotek atau toko herbal terdekat. Sebab di sana sudah bisa ditemukan ekstrak minyak habbatussauda dan kamu bisa membelinya langsung.

 

Habbatussauda yang merupakan produk terlaris nomor satu di Indonesia ini dapat kamu temukan di semua apotek. Selain manfaat jinten hitam untuk asam lambung, masih banyak lagi khasiat yang bisa dirasakan.