Cara Menggunakan Habbatussauda

 

Pasti sebagian besar dari Kamu belum paham mengenai beragam cara menggunakan habbatussauda atau mengonsumsinya. Manfaat tanaman jinten hitam untuk kesehatan ini memang ada banyak sekali, bahkan tidak banyak orang sadar.

 

Konsumsi minuman herbal atau jamu di Indonesia memang sudah jadi sebuah kebiasaan, bahkan menjadi tradisi turun temurun. Salah satu jenis tanaman yang diolah dan dijadikan obat tradisional ialah jintan hitam.

 

Jintan hitam dari negara Timur Tengah tersebut mempunyai nama latin yakni Nigella Sativa. Dimana herbal biji jintan hitam ini berasal dari tanaman bunga Nigella Sativa.

 

Sementara itu, tanaman itu juga asli dari Asia Barat dan Selatan, sementara di negara asalnya herbal ini sering dijadikan penyedap atau bumbu dapur. Selain itu juga sering dijadikan pengawet alami.

 

Untuk rasa dari jintan hitam ini cukup unik dan juga pahit, seperti campuran dari oregano, lada hitam, serta bawang merah. Jinten hitam (habbatussauda) juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

 

Tanaman Timur Tengah ini awal mulai diteliti manfaatnya oleh seorang ilmuan dari Persia. Beliau menyebutkan jika herbal tersebut bisa digunakan untuk mengobati masalah pernafasan, misalnya saja asma atau sesak napas.

 

Sementara itu manfaat utama obat tradisional ini ialah sebagai ramuan untuk melancarkan produksi ASI dan obat cacing. Selain itu juga bisa dipakai tingkatkan imun seseorang sehingga dapat melawan penyakit menular.

 

Cara Menggunakan Habbatussauda yang Perlu Diketahui

Sama seperti obat tradisional lainnya, jintan hitam tersebut juga punya rasa pahit ketika dikonsumsi. Namun Kamu tidak perlu khawatir, sebab ada banyak cara menggunakan jamu tradisional ini supaya tidak pahit.

 

  1. Sebagai bahan masakan

Cara ini biasa dipakai masyarakat Timur Tengah atau Asia Selatan dengan memanggangnya sedikit dan digiling sampai jadi bubuk. Nantinya bubuk tersebut bisa dicampurkan dalam kari.

 

  1. Campur madu

Metode ini juga cukup efektif, sebab air membuat nutrisi dalam madu aktif dan menguatkan efeknya. Jadi saat ditambah jintan hitam yang alami, maka semua zat bioaktif dapat terekstrak lebih gampang.

 

  1. Dengan cuka apel

Selain itu juga bisa ditambahkan cuka apel ke campuran madu, habbatussauda, dan air hangat. Tunggu 30 menit, sebab waktu tersebut diyakini dapat membuat kandungan jinten hitam terserap tubuh dengan baik.

 

  1. Dimakan bersama salad

Mencampurkannya bersama salad merupakan cara menggunakan habbatussauda yang enak. Sebab manisnya buah dan sayur dalam salad dapat menutup rasa pahitnya, bisa juga ditambahkan mayonnaise sebagai dressing.

 

  1. Dijadikan tablet

Sekarang Kamu juga bisa menemukan banyak orang menjadikan habbatussauda sebagai tablet, cara ini dianggap sangat mudah dan praktis.

 

Perhatikan Saat Mengonsumsi Obat Herbal

Efek samping yang didapatkan jika konsumsi jamu herbal ini sendiri masih belum ada cukup info. Apalagi banyak orang menganggap jika mengonsumsi jamu tradisional dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan dampak buruk.

 

Tetapi Kamu harus tahu jika habbatussauda manfaatnya sudah teruji dan dilakukan penelitian medis. Namun belum dilakukan secara menyeluruh agar bisa menikmati semua manfaat yang sudah disebutkan.

 

Ada banyak cara menggunakan habbatussauda untuk dicona, jadi Kamu tidak akan bosan selama mengonsumsinya. Satu cara paling aman mengonsumsi obat ini ialah dengan cara merebusnya dan metodenya dipakai banyak orang.

 

Namun memang pada dasarnya kosumsi suplemen tradisional tidak boleh dilakukan sembarangan. Sebab reaksi obat di tiap individu sendiri juga berbeda-beda, jadi perlu konsultasi ke dokter dulu supaya aman.

 

Walaupun keluhan yang dirasakan sama, namun obat satu belum tentu cocok disemua pasien. Jika Kamu ingin mengatasi masalah kesehatan, maka bisa mengonsumsi herbal, pastikan kenali lebih banyak manfaat habbatussauda.

 

Manfaat yang bisa Diambil dari Habbatussauda

Karena manfaat dari jintan hitam cukup banyak, pastinya membuat salah satu obat herbal ini menfapat predikat baik. Dimana banyak orang percaya jika habbatussauda bisa dipakai untuk mengatasi beragam penyakit.

 

Asalkan Kamu tahu cara menggunakan habbatussauda, maka tidak akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Salah satu manfaat dari habbatussauda dalam dunia medis ialah bisa mengatasi hipertensi atau darah tinggi.

 

Pada salah satu studi yang ada, herbal ini jika dikonsumsi oleh orang dengan gangguan tekanan darah tinggi selama 8 minggu, maka bisa turun. Akan tetapi untuk keefektifitasannya masih belum teruji klinis.

 

Bukan hanya itu saja, jinten hitam juga dapat dipakai untuk mengatasi masalah kolesterol tinggi. Memang pada dasarnya tubuh memerlukan kolesterol, tapi tidak boleh dalam batas normal karena membahayakan.

 

Kadar gula dalam darah juga bisa berkurang apabila kamu mengonsumsi habbattussauda dalam kurun waktu beberapa minggu. Selain itu juga manfaat tanaman tradisional ini sangat bagus untuk penderita diabetes.

 

Jika Kamu mau mendapatkan lebih banyak manfaat dari obat tradisional habbatussauda, maka jangan lupa untuk membelinya. Produk herbal ini dapat langsung Kamu beli di toko obat atau apotek terdekat.

 

Jangan salah pilih, jamu tradisional dengan manfaat banyak dan dipercaya banyak orang hanya Habbatussauda. Pastikan Kamu tahu bagaimana cara menggunakan habbatussauda secara tepat supaya tidak bosan mengonsumsinya.